Skip to main content

Jembatan Rangka Baja

Sahabat dimanapun berada,

Pernahkah terpikir oleh otak kita bagaimana kereta bisa melewati jembatan yang tinggi? Kok tidak patah ya jembatannya? padahal berat kereta plus penumpang berton-ton tapi kok aman ya jembatan tersebut dilewati? Kira-kira bahan jembatan tersebut dibuat dari apa ya? 

Ya betul sekali sahabbat, rata-rata jembatan kereta, mobil dan jembatan-jembatan yang lain terbuat dari baja dengan kerangka-kerangkanya yang kokoh dan kuat. Jembatan rangka baja merupakan solusi buat jembatan-jembatan yang harus dilewati kendaraan dan kereta. Tapi para sahabat tahu tidak apa itu jembatan rangka baja? Yuk kita simak artikel berikut ini semoga bisa mencerahkan.

Jembatan rangka baja merupakan jembatan yang didalamnya terdiri dari batang-batang (biasanya batang lurus) disambungkan dengan hubungan gusset plate / buhul sehingga menghasilkan rangka segitiga yang akan mengalami serta menahan tegangan akibat dari gaya tarik, gaya tekan, atau bahkan kadang-kadang keduanya jika terkena beban-beban dinamis. Jenis Jembatan seperti ini merupakan model jenis tua tapi masih sering dipakai di Indonesia karena dalam hal kemudahan produksi serta installasi dilapangan proyek disemua lingkungan.

Komponen struktur jembatan rangka baja

Bagian-bagian struktural dari jembatan rangka baja ialah : pelat lantai, gelagar memanjang, gelagar melintang, rangka dan ikatan angin. 

Pelat lantai

Pelat lantai adalah komponen struktural jembatan yang secara langsung mendukung beban lalu-lintas. Pelat ini didukung oleh balok-balok gelagar. 

Gelagar

Terdapat dua macam gelagar pada struktur jembatan yaitu gelagar memanjang dan gelagar melintang

Rangka

Rangka merupakan struktur utama yang mendukung seluruh beban yang bekerja pada struktur jembatan rangka baja, baik beban eksternal maupun beban akibat berat sendiri yang diterima batang-batang pada rangka sehingga mengalami tarikan aksial (gaya tank) dan tekanan aksial (gaya tekan). 

Terdapat dua buah rangka pada masing-masing bentang jembatan yang keduanya diikat secara lateral oleh gelagar melintang dan ikatan angin.

Ikatan angin

Ikatan angin berfungsi menahan gaya arah lateral pada rangka yang diakibatkan oleh gaya angin. Struktur ini berupa rangka batang, diletakkan pada batang atas dan batang bawah rangka utama

Itulah sekilas bahasan tentang jembatan rangka baja dan bagian-bagianya, semoga bermanfaat.

Jika ada kebutuhan Jembatan Rangka Baja silahkan hubungi kami di 0896-5331-2998

Comments